Mbah Hamid bertemu Rosulullah di majlis Maulid

Kyai Abdul Hamid Pasuruan, Kyai ahmad Siddiq Jember, Kyai As’ad Syamsul Arifin Situbondo

Kyai Abdul Hamid adalah salah satu kyai kharismatik yang masyhur akan kewalianya, beliau adalah pengasuh Pondoh Pesantren Salafiyah Pasuruan. Kyai Abdul Hamid lahir pada tahun 1333 H, di desa Sumber Girang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah. dan meninggal pada 25 Desember 1985.

Banyak kisah tentang Kyai Hamid salah satunya adalah, Suatu hari Kyai Hamid mengadakan peringatan maulid Nabi dan beliau mengundang para masayich, diantaranya adalah Kyai As’ad Syamsul Arifin situbondo dan Kyai Ahmad Siddiq Jember, didalam acara tersebut posisi duduk kyai As’d beada disebelah kanan Kyai Hamid sedangkan sebelah kiri Kyai Hamid adalah Kyai Ahmad Sidiq .


Ketika mahalul qiyam semua yang hadir dalam acara maulid pada berdiri, hanya Kyai Hamid tidak berdiri, dan kejadian ini membuat semua tamu yang hadir menjadi heran karena tidak biasanya sikap Kyai Hamid seperti itu.

Setelah selesai acara, semua hadirin pulang tinggallah kyai-kyai sepuh dan para masyayich, lalu Kyai As’ad menegur Kyai Hamid : “Gimana njenengan niki Yai baca sholawat kok nggak mau berdiri ?”. Kyai Hamid menangis terseduh sambil menjawab:

“SAYA GAK PUNYA DAYA UNTUK BERDIRI SEBAB KANJENG NABI BERDIRI TEPAT DIDEPANKU, SAYA MERASA KEHABISAN AKHLAK, JANGANKAN ILMU, IBADAH DAN MUJAHADAH SAYA, DARI PAKAIANPUN SAYA MALU BERTEMU KANJENG NABI,,”

(Dikisahkan oleh Kyai As’ad dalam suatu majelis beliau).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *