LAMP ( Linux, Apache, Mysql/Mariadb, PHP )

Seperti pada judul artikel ini LAMP adalah kependekan dari Linux, Apache, Mysql/Mariadb dan php, di tulisan saya kali ini akan kita bahas bagaimana caranya menginstall LAMP. Linux yang saya gunakan adalah linux Ubuntu server 20.04.

Install Database ( Mysql / Mariadb )
Untuk saat ini tersedia database, mysql yang sekarang dikembangkan oleh oracle dan mysql yang dikembangkan oleh pengembang asli dari mysql.
Dan dalam tulisan ini saya akan tunjukan cara install keduanya. Namun pada praktenya kita cukup install salah satu saja.

Mysql
Untuk menginstall mysql silahkan ketikan perintah ini

tunggu hingga proses install selesai, setelah proses install selanjutnya kita akan membuat password root dan menghilangkan user anonym dengan cara jalankan perintah.

dan selanjutnya akan ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab.

Sampai disini mariadb dan mysql sudah terinstall.

Apache
Selanjutnya adalah install web server apache2 dengan mengeksekusi perintah.

Jika apache sudah terinstall dengan baik maka ketika kita panggil ip server akan muncul tampilan default apache2.

Document root default apache ada pada di /var/www/html/ dan untuk main configurasi nya ada di /etc/apache2/apache2.conf. setelah proses install database dan apache langkah selanjutnya adalah install PHP.

Install PHP
PHP yang saya menggunakan php versi 7.2 dan agar nantinya bisa berjalan dengan baik kita akan menginstall php beserta paket pendukungnya caranya adalah dengan mengeksuki perintah dibawah ini.

Tunggu hingga proses selesei dan untuk menguji apakah sudah terinstall dengan baik silahkan buat file php dengan nama phpinfo.php dan letakan di /var/www/html. Isi dari phpinfo .php adalah.

sekarang kita akses dari browser dengan cara http://ip_server/phpinfo.php jika berhasil maka akan tampil informasi tentang php yang terinstall diserver.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *