Type data pada PHP ( Integer, Float, String, Boolean, Array )

Integer
Integer adalah type data pada php yang berupa angka bulat seperti 1, 22, 100, 1000, type data ini sangat umum digunakan di bahasa pemrograman khusunya berkaitan dengan angka bulat. Nilai integer bisa bernilai negatif atau positif dan jika tidak diberi tanda ( – ) maka diasumsikan sebagai nilai positif.

Penulisan Integer didalam PHP adalah sebagai berikut :

Float
Float atau nama lainya adalah floating point atau real number adalah type data pada php yang memiliki bagian desimal di akhir angka contohnya adalah 3,21 atau 4,5dalam penulisan type data float didalam php bukan menggunakan koma ( ,) tetapi menggunakan titik (.).

Penulisan float

String
String adalah type data pada php yang berisi text dan karakter dimana bentuknya bisa kata atau kalimat. Dan dalam PHP untuk penulisan jenis type data ini ada 4 cara yaitu Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, Nowdoc.

  • Single Quoted
    Penulisan string dengan cara ini bisa dibilang adalah cara yang sederhana, caranya adalah dengan memberi tanda single quoted di awal dan di akhir kalimat yang kita buat. Dan untuk kalimat yang mengandung tanda petik satu harus di dahului dengan backslash ( \ ) dan jika kita ingin memunculkan tanda backslash maka kita harus menulisnya dua kali agar tidak bingung lihat seperti contoh dibawah ini
  •  Double Quoted
    Sekilas jika dilihat penulisan string dengan single quoted dan double quoted sepertinya tidak ada perbedaan. ada beberapa point yang ternyata ada bedanya antara lain adalah jika penulisan string menggunakan double quoted dan didalamnya terdapat variable maka php akan memprosesnya tapi jika menggunakan single quoted tidak. Apabila di dalam double quoted ada kalimat yang menggunakan tanda (“”) harus menggunakan backslash di awal dan akhir kalimat. sebagai contoh adalah sebagai berikut
  • Heredoc
    Fitur ini berfungsi untuk menuliskan string yang isinya dapat berisi beberapa baris sekaligus. penulisan dengan heredoc memang sangat jarang digunakan contoh penulisan dengan fitur ini adalah sebagai berikut

untuk memulai penulisan di awali dengan tanda “<<<” di ikuti dengan penanda akhir. di contoh saya menggunakan huruf q, untuk menentukan pengakhir kita bisa merubah dengan kata atau karakter lain.

setelah penanda string baru kita menuliskan string untuk menutupnya kita akhiri dengan tanda pengakhir string yang sudah di definisikan di awal ( q ). yang perlu diperhatikan adalah penutup heredoc tidak boleh ada karakter atau spasi diantara pengakhir dan titik koma ( ;).

  • Nowdoc
    dalam penulisan nowdoc tidak banyak berbeda dengan heredoc perbedaanya adalah pada pengakhir string terdapat tanda single quoted. hasil proses dari nowdoc sama halnya dengan single quoted dimana variable dan karakter khusu tidak akan terproses.

Boolean
type boolean adalah tipe data pada php yang paling sederhana dalam bahasa pemrograman apapun. karena tipe data ini hanya memiliki dua nilai yaitu true dan false. tipe data boolean sering kali digunakan pada operasi logika seperti kondisi if dan looping. dan berikut adalah type data boolean jika dikonversi dari type data lainya :

Kesalahan dalam kode program sering terjadi karena “konversi” dari tipe data lain menjadi boolean, sehingga sedapat mungkin kita membuat variabel boolean dengan nilai yang pasti dan tidak bargantung kepada aturan “konversi” booelan dari PHP.

Array
array berbeda dengan type data pada php seperti integer atau boolean, karena array adalah sebuah tipe data yang didalamnya terdiri dari kumpulan tipe data

Penulisan Array dalam PHP
PHP mendukung beberapa cara penulisan array, salah satunya adalah menggunakan Konstruktor Array.

penulisan array terdiri dari kunci ( key ) dan nila ( value ). key berfunsi sebagai penunjuk posisi dimana value tersimpan. tanda => berfungsi untuk memberikan nilai kepada key. untuk mengakses nilai dari array kita menggunakan kombinasi nama variable dan nilai key agar mempermudah mari kita lihat contoh dibawah ini

pada contoh di atas kami menggunakan integer sebagai key dan string sebagai value. Selain menggunakan cara seperti diatas PHP juga memperbolehkan penulisan array tanpa menggunakan key dan secara otomatis key akan diurutkan dari 0,1,2 dst, seperti contoh dibawah ini

didalam key ataupun value pada array kita bisa menggunakan tipe data string atau integer akan tetapi apabila di isi dengan boolean maka secara otomatis akan di proses menjadi 0 / 1.

pada PHP versi 5.4 penulisan array di persingkat coara penulsan nya bisa seperti contoh dibawah ini

Demikian materi mengenai type data di PHP dimana refrensi sebagian saya ambil dari http://www.duniailkom.com dan beberapa buku php yang saya punya semoga bisa menjadi pengingat ( pengeling ) dari apa yang sudah di pelajari.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *