Setelah Install Ubuntu

Saya adalah seorang pemula dalam dunia linux, berangkat dari ketidak tahuan akhirnya saya mencoba untuk install ubuntu di laptop pada proses penginstallan alhamdulillah lancar jaya akan tetapi setelah proses installasi dan setelah itu restart saya melihat untuk di grub loader ternyata windwos yang sudah terinstall di laptop saya kok tidak nonggol padahal windows adalah system operasi yang menemani saya tiap hari untuk ngurusin kerjaan. Akhirnya saya ingat pepatah lama bahwa malu bertanya susah dapat gebetan eh sesat dijalan maksdunya :-p.

Untuk urusan seperti ini pastinya dek google lah ahlinya. setelah beberapa kali scrol atas – scrol bawah akhirnya nemu juga, buat kalian yang mengalami hal sama seperti aku kalian bisa coba, agar windows bisa tampil di pilihan grub loader caranya cukup mudah.

edit file grub dengan cara ketikan perintah ini diterminal nano /etc/default/grub setelah terbuka cari GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0 setelah ketemu hapus angka 0 sehingga menjadi GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=  setelah itu simpan perubahan yang sudah dilakukan dan ketikan perintah update-grub tunggu sampai proses selesai setelah itu lakukan restart ( trik ini berhasil di laptopku )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *