Ceritatnya baru saja dapat tugas dari atasan saya untuk memilah data dengan kategori tertentu didalam file excel, awalnya saya pikir conditional formating bisa membantu saya untuk mengerjakan tugas ini. wal hasil oh dia hanya mampu untuk satu kolom.

coba mencari beberapa refrensi dari google akhirnya saya menemukan formula untuk menangani kasus ini ternyata dengan mengkombinasikan formula IF ISNA dan MATCH ( untuk lebih mengerti formula2 tersebut bisa dibaca disini ).

sebagai contoh ada dua kolom yaitu kolom F dan kolo Q dimana saya akan mencari data kolom F yang sama dengan kolom Q

post2

maka di kolom R tinggal kita ketikan formula seperti dibawah ini

=IF(ISNA(MATCH(F6,$Q$6:$Q$626,0)),”unik”,”duplikat”)

maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini

post1

Demikian tulisan saya kali ini semoga bisa menjadi solusi bagi anda.

 

 

 

This article has 8 comments

  1. Badroe Zaman Reply

    Kalau saya biasa menggunakan conditional formating untuk dua kolom dan hasilnya dapat dilihat dari warna yang sudah ditentukan. Ada dua format rule yaitu duplicate dan unique. Jika memilih duplicate dan diberi fill tertentu maka hasil dari kedua kolom adalah data yang sama akan tampak fill yang ditentukan. Sedangkan untuk unique hasilnya adalah data yang tidak sama maka tampak fill yang ditentukan.
    Langkah Sederhana :
    Pilih dua kolom, misal kolom A dan B selanjutnya Conditional Formatting > New Rule > Format only unique or duplicate values > tentukan unique atau duplicate dan format hasilnya setelah itu OK…dan lihat hasilnya 🙂

    Mungkin ini sedikit tambahan dari saya versi wistau :D, semoga berkenan 🙂

  2. Barga Reply

    pengen pencerahan untuk job saya dong resolution time, untuk teknik pengerjaanya saya masih binggung. bisa dibantu pencerahanya

  3. bambang sutrisno Reply

    Kalau mencari data yang sama di empat kolom yang berbeda apa bisa di excel ya? Saya lagi nyusun portofolio saham nih gan, kebetulan sortir portofolionya ada yang pake metode 2x2x2x2. Mohon share ya gan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *