Sebuah kecerobohan bisa berakibat fatal

Awalnya saya menggunakan proxmox 3 yang sudah saya konfigurasi sedemikian rupa ( sesuai kebutuhan ) namun pada akhirnya terjadi sesuatu yang aneh pada cluster saya. Setelah temen satu kerjaan mengabari bahwa konfigurasi jaringan yang saya request ke dia sudah sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Akhirnya test pun saya lakukan salahnya saya yang saya ganti adalah salah satu ip server yang saya installi proxmox dan sudah tercluster dengan baik. Setelah itu terjadilah keanehan – keanehan dengan segala upaya dan keterbatasan ilmu yang saya miliki akhirnya pilih install ulang.

Akhirnya saya beralih dari proxmox 3 ke proxmox 4 installasi proxmox berjalan dengan lancar. Proxmox saya install pada 3 server dengan IP

Beberapa hal yang membuat saya tertarik untuk membuat cluster pada server proxmox saya adalah dikarenakan kita dapat mengelola beberapa server proxmox dari satu web. Fitur lain nya adalah manajemen server terpusat, dukungan terhadap beberapa metode otentikasi dan memudahkan saya dalam hal migrasi server yang terinstall didalam proxmox.

Untuk konfigurasi cluster pada proxmox ve 4 langkah pertama tentukan server mana yang akan dijadikan master. Disini saya menggunakan server 1 dengan ip 192.168.176.11.

Selanjutnya kita edit file host yang berada di /etc/hosts pada ketiga serve, sebagai contoh nya saya tampilkan file hosts saya seperti dibawah ini.

Setelah selesai di edit lalu di simpan dan ke tiga server di restart terlebih dahulu, setelah restart pada server master ketikan perintah

pvecm create nama_cluster

Selanjutnya ketikan perintah

pvecm status

Dan akan tampil seperti dibawah ini

Pada server 2 dan server 3 ketikan perintah dengan format

pvecm add IP_master

Disini master saya adalah 192.168.176.11 jadi ditempat saya, saya ketikan

pvecm add 192.168.176.11

Setelah selesai semuanya kembali ke server master ketikan perintah

pvecm status

Dan akan tampil seperti dibawah ini

Setelah itu kita buka web manager dari proxmox dengan mengetikan https://ipserver:8006 pada browser apabila berhasil tampilannya seperti dibawah ini.

cluster
Tambahan sedikit :
Bagi yang terbiasa menggunakan proxmox 3 mungkin sudah terbiasa dengan perintah vzlist dan vzctl dan di proxmox 4 anggap saja perintah tersebut seperti mantan yang boleh dikenang namun tak boleh di ajak kencan.
Sebagai pengantinya kita bisa menggunakan perintah pct list dan pct enter
Semoga catatan singkat ini bermanfaat

This article has 2 comments

  1. amin Reply

    Terima kasih ilmunya mas,
    Oiya saya mau tanya, saya kan ganti ip addres proxmoxnya via /etc/networks/interface
    Tapi di node, ip address servernya tidak berubah ya? Sudah saya reboot tetep tidak berubah node ip address servernya, mohon bimbingannya mas.
    Terima kasij

    • @wistau Reply

      untuk merubah IP lebih baik melalui browsernya saja mas…. kalo mau melalui terminal usahakan browser ditutup dulu 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *